Selasa, 07 April 2015

Produksi Benih Krisan



Produksi Benih Krisan
1. Penyetekan
Dilakukan pada tanamana muda yang telah memiliki 7 helai daun (15 hst), penyetekan dengan menggunakan pisau atau gunting stek yang tajam dan steril. Tunas dipotong dengan criteria 4-5 daun sempurna dan mneyisakan 2-3 daun pada batang/ranting bekas setekan (2-3 ruas). Pisau atau gunting stek setiap melakukan pemotongan sebaiknya dicelupkan ke dalam alcohol 70%. Tunas-tunas stek segera ditempatkan di tempat yang sejuk dan lembab. Selang waktu panen stek sekitar 2-3 minggu sekali bila tunas akselir yang tumbuh telah memiliki 5-7 daun.naman sudah lebat penyiangan dilakukan 3 minggu sekali.
2. Penangkaran Stek
• Sarana dan prasarana ruang penangkaran
Dilakukan dalam ruang khusus, ruang berupa rumah plastic, beraerasi baik dan tidak terkena percikan hujan, intensitas cahaya dalam ruang penangkar 40%, bak penangkaran berupa kotak kayu atau plastic dengan tinggi + 80 cm, media penangkaran berupa arang sekamyang dihamparkan di dalam bak sampai penuh dengan ketebalan + 5 cm.
• Proses penangkaran dan pemeliharaan stek
Stek hasil panen dirompes hingga tersisa 3-4 daun sempurna, ujung pangkal batang stek dipotong sedikit dan ujung pangkal batang kemudian dicelupkan pada pasta ZPT (Rootone F atau Rizootone), stek ditanam pada media penangkaran dengan kedalaman 1-1,5 cm dengan jarak penanaman 2x2 cm kemudian ditutup dengan kertas merang atau Koran selama 48 jam. Media penangkaran diusahakan tetap basah, dilakukan penyiraman 2-3 hari sekali hingga stek siap tanam. Pengendalian HPT dilakukan 2 kali per minggu menggunakan fungisida dan insektisida. Penangkaran berlangsung kurang lebih 14-21 hari.
3. Sortasi Stek
Setelah ditangkarkan selama 14-21 hari, stek-stek kemudian disortasi kelayakannya sebelum ditanam atau dikirim ke tempat lain. Sortasi dilakukan agar perakaran lebat dan sehat, tidak ada gejala terinduksi pembungaan awal (pentulan), tidak ada gejala klorosis, tidak kerdil dan berbatang kuat, tidak terdapat serangan hama dan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar