Rabu, 08 April 2015

Berita Peresmian Rumah krisan Malino


RAKYATSULSEL.COM, MAKASSAR - IRIANA Jokowi, istri Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk perdana kalinya menginjakkan kaki di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, Kamis (25/9). Kedatangan perempuan asal Surakarta ini demi menikmati keindahan bunga anggrek dan eksotisme Malino.
Iriana didampingi Mufidah Kalla, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Kedatangan kedua istri pemimpin negara (Jokowi-JK) itu disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo dan sejumlah pejabat Pemkab Gowa.
Di Malino, Iriana meresmikan Rumah Krisan PT Bunga Indah Malino (BIM) milik keluarga Kalla. Keberadaan Rumah Krisan yang menyediakan jenis bunga krisan dan anggrek berbagai spesies ini, boleh jadi akan membawa angin segar bagi kemakmuran khusus para petani krisan, anggrek sehingga bisa lebih giat dan telaten dalam merawat bunga yang sangat bagus tumbuh di Kawasan Kota Wisata Malino.
Hj Mufidah Kalla mengatakan, tanaman bunga Krisan ini merupakan tanaman yang cukup baik untuk dikembangkan oleh masyarakat. Karena lewat usaha ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khusus Malino dan sekitarnya.
“Bunga Krisan ini sangat baik dikembangkan karena prospeksnya sangat bagus untuk meningkatkan ekonomi para petani,” kataMufidah dalam sambutannya.
Menurutnya, rumah Krisan merupakan tempat untuk membeli bunga. Pemasaran bunga ini nantinya tidak lagi jauh ke Makassar tetapi dapat ditampung di tempat tersebut. “Jadi para penjual dan pembeli tidak usah jauh-jauh ke Makassar memperdagangkan bunga ini karena sudah ada wadahnya di Malino,” urainya.
Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, bunga krisan ini yang dijual dengan harga sekitar Rp5.000 per tangkai sangat menguntungkan, khususnya bagi petani bunga di wilayah ini.
”Dengan harga sekitar itu, berarti dalam sebulan  jika menghasilkan seribu tangkai maka para petani mendapatkan Rp5 juta sebulan, dikali setahun bisa Rp 60 juta berarti peningkatan ekonomi masyarakat cukup luar biasa,” ujar Agus sembari tertawa.
Adapun Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo mengatakan, Pemkab Gowa terus berupaya membangun pola pemberdayaan masyarakat. Tujuannya tiada lain kata Bupati dua periode itu adalah untuk meningkatkan penghasilan para petani, sehingga bisa hidup sejahtera.
”Atas nama Pemkab dan Masyarakat Gowa mengapresiasi kehadiran ibu Iriana Jokowi dan ibu Hj Mufidah Yusuf Kalla dalam meresmikan rumah Krisan di Malino,” ujarnya.
Peresmian rumah Krisan Bunga Malino dilakukan oleh  istri presiden terpilih dengan menandatangani prasasti.
Sekedar diketahui, saat JK mengakhiri jabatan sebagai wapres yang berpasangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), istri JK, Mufidah Kalla melakukan kegiatan pelestarian dan pengembangan berbagai jenis tanaman anggrek di Malino dengan membuka kebun pembungaan bibit anggrek, diresmikan oleh JK.
Pembudidayaan berbagai jenis tanaman anggrek itu juga sebagai usaha untuk membantu petani anggrek, khususnya di Sulsel agar tanaman ini bisa menjadi sumber kesejahteraan petani.

2 komentar:

  1. saya tertarik sekali dengan budidaya bunga krisan, bagaimana memulai bisnis ini?

    BalasHapus
  2. Saya butuh bunga Matahari, dimn bisa saya dptkan?

    BalasHapus